cover
Contact Name
Dwi Pela Agustina
Contact Email
pikma@amikom.ac.id
Phone
+6287711948294
Journal Mail Official
pikma@amikom.ac.id
Editorial Address
Building VI.3.2 Universitas AMIKOM Yogyakarta Jl. Ringroad Utara, Condongcatur, Depok Sleman, Yogyakarta, 55283 Phone: +62 274-884201 ext. 632
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu komunikasi Media dan Cinema
ISSN : 26225476     EISSN : 26556405     DOI : https://doi.org/10.24076/pikma
Core Subject : Education,
Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu komunikasi Media dan Cinema adalah publikasi ilmiah yang pertama kali terbit pada tahun 2018. Jurnal PIKMA dipublikasikan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Sosial, Universitas AMIKOM Yogyakarta. Selain itu, Jurnal PIKMA diterbitkan dua kali dalam setahun, yakni bulan Maret dan September. Adapun fokus tulisan Jurnal PIKMA adalah mengenai Media Baru dan Teknologi Komunikasi (New Media and Communication Technologies), Media dan Jurnalistik (Media and Journalism), Komunikasi Pemasaran (Marketing Communication), Kajian Film (Film Studies), Komunikasi Antar Budaya (Cross-cultural communication), Komunikasi Politik (Political communication) dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Information and Communication Technology).
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2018): September 2018" : 5 Documents clear
Daya Narasi Ruang Ide dalam Novel dan Ruang Gerak pada Film (Perbandingan Novel dan Film Dilan 1990) Bagus Ajy Waskyto Sugiyanto
Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema Vol. 1 No. 1 (2018): September 2018
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas AMIKOM Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1067.905 KB) | DOI: 10.24076/PIKMA.2018v1i1.382

Abstract

Narasi dalam setiap medium komunikasi memiliki karakteristik yang berbeda. Jika pada medium cetak menggunakan aspek verbal, pada medium film akan menggunakan aspek visual. Claude Bremond menjelaskan proses perpindahan novel ke dalam film memang dapat dilakukan, tetapi aspek narasi yang utuh hanyalah aspek cerita saja. Lalu, menjadi pertanyaan penting dalam artikel ini untuk melihat daya narasi manakah yang khas dari kedua medium tersebut. Pemilihan objek materiil pada novel dan film Dilan 1990 disebakan untuk mecari komparasi adegan yang seimbang. Mengingat filmnya sendiri adalah hasil konversi dari novel. Hasil pembahasan menunjukan daya narasi novel untuk menggiring pembacanya pada pemahaman ruang ide tokoh-tokohnya, sedangkan film memiliki daya narasi pada ruang gerak yang sifatnya simultan.
Komunikasi Keluarga Jemaat Ahmadiyah dalam Mempertahankan Ideologi Ke-Ahmadiyahan (Peran Kepala Keluarga dalam Mempertahankan Ideologi Jemaat Ahmadiyah di Gondrong Tanggerang Banten) Nurbayti
Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema Vol. 1 No. 1 (2018): September 2018
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas AMIKOM Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (485.313 KB) | DOI: 10.24076/PIKMA.2018v1i1.383

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencaritau bagaimanakah sistem komunikasi keluarga (kepala keluarga Ahmadiyah dalam mempertahankan sistem doktrinisasi terkait ajaran Ahmadiyah kepada anggota keluarga) guna menciptakan regenerasi yang tetap loyal dan berkomitmen terhadap ajaran organisasi Ahmadiyah di Indonesia, karena seperti yang kita ketahui bersama walapun organisasi ini tetap beridiri dan berkembang selama puluhan tahun di Indonesia pada kenyataanya sampai detik ini Ahmadiyah belum sepenuhnya mendapatkan tempat dan dukungan dari pemerintahan RI dan masyarakat Indonesia, oleh sebab itu peneliti ingin mempelajari sejauh mana peran kepala keluarga dalam mempertahankan regenerasi yang tetap loyal pada ajaran Ahmadiyah.
Konstruksi Berita Panti Yayasan Tunas Bangsa Di Riau Pos dan Tribun Pekanbaru Amimma Nurti Lusdiana; Chelsy Yesicha
Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema Vol. 1 No. 1 (2018): September 2018
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas AMIKOM Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (515.224 KB) | DOI: 10.24076/PIKMA.2018v1i1.384

Abstract

Tulisan ini mengangkat penelitian tentang bagaimana surat kabar Riau Pos dan Tribun Pekanbaru mengkonstruksi berita Panti Yayasan Tunas Bangsa yang sempat marak di Indonesia. Konstruksi realitas oleh media massa menjadi objek yang dianalisis dengan menarik dua identifikasi masalah. Pertama, struktur framing berita dengan menggunakan metode analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Kedua, ideologi masing-masing media terhadap pemberitaan yang dikaji berdasarkan teori ekonomi politik media. Hasil penelitian pertama, menunjukkan struktur framing sintaksis, skrip, tematik, dan retoris dari kedua media. Hasil penelitian kedua, menunjukkan komodifikasi dan spasialisasi kedua media dari sudut pandang teori ekonomi politik media.
Perempuan dan Wacana Poligini dalam Film “Berbagi Suami” Stara Asrita
Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema Vol. 1 No. 1 (2018): September 2018
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas AMIKOM Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.046 KB) | DOI: 10.24076/PIKMA.2018v1i1.385

Abstract

Artikel ini menjelaskan bagaimana peran perempuan dalam wacana poligini dan relasi kuasa yang dimiliki laki-laki dalam keluarga. Istilah “poligini” adalah bentuk poligami untuk menjelaskan bahwa seorang laki-laki memiliki beberapa pasangan. Wacana tersebut sering menjadi isu besar di dunia nyata maupun representasi tentang laki-laki yang ditunjukkan media. Relasi kuasa adalah kekuatan yang membuat perempuan berada dalam kondisi termarginalkan, inferior dan cenderung tidak berdaya. Keadaan tersebut menjadi inspirasi sebuah film berjudul “Berbagi Suami”. Film ini adalah representasi dari superioritas laki-laki yang memiliki istri lebih dari satu orang. Uang dan faktor ekonomi adalah kuasa mereka untuk mengontrol istri-istrinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis wacana. Melalui analisis wacana, peneliti dapat menemukan suatu pesan, konsep, informasi yang ingin diungkapkan dalam film tersebut secara implisit.
Strategi Komunikasi Model ACADA (Deskripsi Program Revitalisasi Bantaran Sungai Winongo Kota Yogyakarta) Latifa Zahra
Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema Vol. 1 No. 1 (2018): September 2018
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas AMIKOM Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (682.399 KB) | DOI: 10.24076/PIKMA.2018v1i1.386

Abstract

Berbicara mengenai pengimplementasian kebijakan kepada masyarakat berarti berbicara mengenai hubungan dengan komunitas. Dalam hubungan ini, tentunya perlu strategi komunikasi yang baik, sehingga konflik ataupun permasalahan yang timbul dapat diminimalisir. Strategi Komunikasi model ACADA memberikan pemahaman baru dalam upaya pendekatan kepada komunitas. Menggunakan metode penelitian kualitatif, penelitian ini bertujuan memberikan gambaran lain mengenai model strategi komunikasi dan pengaplikasiannya.

Page 1 of 1 | Total Record : 5